LPPM | IAIN Pekalongan

SURGANYA DESA BODAS

E-mail Print PDF

Pemalang, Senin (25/10/2019). KKN IAIN Pekalongan Angkatan 47 di Desa Bodas melakukan observasi di desa Bodas Kecamatan Watukumpul. Observasi dilakukan oleh seluruh tim KKN degan mencari berbagai sumber informasi yang bisa di dapat di Desa Bodas. Sumber informasi tersebut salah satunya adalah dokumen desa, warga desa, serta geografis desa mengenai sumber daya alam yang ada di Desa Bodas yang bisa digali dan di munculkan keberadaannya.

Setelah mendapatkan data dari hasil observasi, tim KKN IAIN Pekalongan mendapatkan subjek untuk program di Desa Bodas. Subjek tersebut berupa komunitas yang akan tim KKN dampingi untuk mensukseskan program kerja di Desa Bodas berdasarkan tema dari LPPM IAIN Pekalongan yaitu “Pemberdayaan Masyarakat melalui Penguatan Kapasitas Ekonomi Rumah Tangga Berbasis Produk Lokal dan Sumber Daya Alam,”.

Dasar Berita

Komunitas yang ada di Desa Bodas sangat Beragam diantaranya adalah Karangtaruna, PKK, Majelis Ta’lim, Kelompok Tani, Kelompok Pengrajin, Instansi dan lain-lain. Dari berbagai kelompok tersebut tim KKN mendampingi kelompok dengan dibagi menjadi dua yaitu kelompok yang masuk dalam program primer dan kelompok yang masuk dalam program sekunder. Kelompok primer adalah kelompok dampingan yang menjalankan program utama dalam kegiatan KKN di Desa Bodas. Sedangkan kelompok sekunder adalah kelompok dampingan yang menjalankan program tambahan kegiatan di Desa Bodas.

Kelompok yang masuk dalam program primer yaitu kelompok tani dan kelompok pengrajin anyaman bambu. Dari kelompok tani diketuai oleh Bapak Toif, dengan garapan pengolahan biji jambu mete yang mentah dengan pengupasan kulit dan memberi daya nilai jual lebih tinggi. Kelompok pengrajin anyaman bambau ada Bapak Purnomo selaku ketua dengan pendampingan program inovasi kerajinan yaitu vas bunga, tempat tisu dan souvenir dunak.

Untuk program sekunder kami mendampingi PKK dengan program pengenalan batik, Majelis Ta’lim sengan program rutinan dan senam, serta Instansi sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok.
Kelompok 9 Desa Bodas Kec. Watukumpul Kab. Pemalang Berita Minggu Ke 3