LPPM | IAIN Pekalongan

Tiap Jumat, KKN Kelompok 11 Desa Tambi Ikuti Rutinan Yasin dan Tahlil

E-mail Print PDF

TAMBI-KKN kelompok 11 Desa Tambi mengikuti kegiatan rutinan yasin dan tahlil bersama Ibu-ibu di RT 06, Jumat (25/10) lalu. “Melalui rutinan ini diharapkan masyarakat dapat mempererat kerukunan hidup antar tetangga, sehingga dapat menambah kekompakan antar warga,” ucap Ibu Ustin. Kegiatan itu dilakukan satu minggu sekali setiap hari jumat. Kegiatan tersebut diadakan di rumah warga secara bergantian.

Kegiatan rutinan yasin dan tahlil tidak hanya dilakukan oleh RT 06 saja, hampir setiap RT di Desa Tambi menyelanggarakan kegiatan rutinan ini. KKN Kelompok 11 Desa Tambi berusaha agar setiap rutinan dapat terjamah selama tinggal di Desa Tambi. Oleh karena itu, setiap hari Jumat anggota kelompok KKN dibagi dan disebar untuk mengikuti rutinan yang sebelumnya telah dikomunikasikan terlebih dahulu.

Dengan adanya rutinan yasin dan tahlil diharapkan dapat menjadi peluang agar memberi kesempatan membaca al-Qur’an bersama warga sekitar. Bagi yang tidak mampu mengaji dengan mendengarkan warga yang lainnya yang mengaji, pahalanya pun sama dengan mengaji. Bagi yang belum lancar membaca al-Qur’an dan belum begitu menguasai cara mendoakan orang sudah meninggal.

Kegiatan ini diawali dengan sholawatan sambil diiringi dengan musik rebana. Hal ini selain ditujukan untuk mengawali kegiatan, tetapi juga untuk memberikan tanda bahwa acara akan segera dimulai sehingga diharapkan warga setempat segera merapat dan menghadiri acara tersebut. Setelah seluruh warga dianggap sudah cukup ramai untuk memulai acara yasin dan tahlil, moderator akan mulai membuka kegiatan dengan salam, ucapan terima kasih kepada tuan rumah, kemudian dilanjut dengan pembacaan yasin, tahlil, tak jarang pula diselingi do’a atau istighotsah. Anemo masyarakat dalam mengikuti acara rutinan ini cukup besar, hal ini dibuktikan dengan semangat Ibu-ibu yang tetap datang meskipun cuaca sedang mendung bahkan turun hujan. Semua dilakukan oleh masyarakat dengan senang hati.
Kelompok 11 Desa Tambi Kec. Watukumpul Kab. Pemalang Berita Minggu Ke 3