LPPM | IAIN Pekalongan

Yuk Cobain Dodol Labu Siam Yang Legit dan Sehat Produksi Kelompok Wanita Tani

E-mail Print PDF

PEMALANG- Dukuh Silemped yang ada di desa Gombong kecamatan Belik kabupaten Pemalang terdapat Industri Rumah Tangga yang memproduksi aneka makanan olahan dari hasil panen lokal setempat. Dirumah ibu Watri ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) tempatnya, rumah yang sekaligus posko Kelompok Wanita Tani, yang memproduksi aneka makanan dari hasil panen lokal salah, satunya jajanan dodol labu siam.

Dodol labu siam merupakan jajanan khas desa Gombong, yang mana olahan dodol labu siam terbuat dari bahan-bahan yang alami dan tidak di campur dengan bahan pengawet tambahan sehingga dodol labu siam menjadi sehat dan enak. Selain itu dalam proses pembuatan dodol labu siam sangat diperhatikan kebersihannya dan prosesnyapun membutuhkan waktu yang cukup lama agar menghasilakan dodol yang bertekstur kenyal.

Kami tim KKN 47 IAIN Pekalongan bersama kelompok wanita tani (KWT) mencoba membuat langsung proses pengolahan dodol labu siam. Bahan dodol labu siam sangat mudah didapatkan terutama bahan pokoknya yaitu labu siam yang sudah direbus, gula pasir, tepung ketan, santan , pewarna makanan, air, garam, kemudian kesemua bahan tersebut di campur menjadi satu dan diaduk dalam kuali / wajan besar kurang lebih 6 jam untuk menghasilkan tekstur dodol yang kenyal.
Kelompok 20 Desa Gombong Kec. Belik Kab. Pemalang Berita Minggu Ke 3